Senin, 23 Mei 2016

Sapa Bilang Wisata Ke Gua Menyeramkan.. Gua Es Abadi Ini Contohnya

Para Traveler wajib mencoba es abadi di Gua Ningwu, China
Gua Ningwu, Gua Es Abadi
Tujuan Traveler - Tak hanya Islandia, China juga punya gua es yang mempesona. Salah satu gua es terbesar di China ada di Shanxi dan kabarnya tak pernah mencair walau di musim panas.

Gua es yang besar biasanya banyak ditemukan di negara yang dekat dengan kutub utara seperti Islandia. Tapi rupanya di China juga ada gua es yang begitu luas dan dalam yang dikenal sebagai Gua Ningwu. Lokasinya di Pegunungan Luyashan, Ningwu, Provinsi Shanxi, China.

Ningwu Cave kedalamannya mencapai 85 meter dan memiliki 5 tingkat ruangan yang dindingnya berlapis es tebal. Begitu pula stalaktit serta stalagamitnya yang selalu tampak putih berlapis es.

Ningwu Cave begitu spesial karena tidak meleleh walau di musim panas sekalipun. Walaupun suhu di luar mencapai 17 derajat Celcius, suhu di dalam gua tetap dingin mendekati angka 0 derajat.

Banyak yang penasaran kenapa es dalam gua ini bisa tidak mencair walau suhu di luarnya panas. Belum ada jawaban pasti dari pertanyaan tersebut. Salah satu alasan kenapa es di sini bagaikan abadi, yang disebutkan oleh peneliti China bernama Yaolin Shi adalah karena kombinasi bentuk dan posisi gua.

Udara yang bertiup dan pertukaran panas dengan dinding gua menghasilkan ekosistem mikro unik, yang penting untuk menjaga agar es dalam gua tetap dingin walaupun di luar mulai hangat. Bentuknya yang seperti pin bowling di pegunungan dengan tinggi lebih dari 2.000 mdpl berperan menjebak udara dingin.

Gua Ningwu yang unik ini pun menarik perhatian banyak turis untuk datang. Pengunjungnya bisa mencapai 1.000 orang dalam sehari, ketika dibuka untuk umum antara bulan Mei dan Oktober. Di dalamnya, turis bisa menjelajah gua hingga ke berbagai tingkatan ruangan.

Gua Es Abadi di China sangat patut didatangi pencinta traveling
Turis yang berkunjun setiap hainya mencapai ribuan orang
Di dalam gua juga sudah dibuatkan tangga untuk mempermudah traveler. Tapi tetap harus hati-hati melewatinya karena beberapa bagiannya tertutup bongkahan es dan cukup licin.

Perut gua terlihat semakin spektakuler dengan warna-warni dari sekitar 200 bola lampu yang dipasang di berbagai sisinya. Melihat perut gua tersebut rasanya seperti di dalam tempat tinggal Ratu Elsa dalam film animasi Frozen. Tertarik untuk travelling ke Es Abadi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar