Selasa, 24 Mei 2016

Jalan-Jalan di Makassar, Jangan Lupa Cicipi PalluBasa nya

Makassar terkenal akan Kuliner Pallubasa nya
Pallubasa Kuliner Andalan Makassar
Tujuan Traveler - Banyak kuliner Makassar yang menarik dicoba. Kalau sudah mencicipi pisang ijo dan coto, ada lagi pallu basa yang siap menggoyang lidah. Wajib coba!

Pallu basa merupakan sajian berkuah yang mirip coto Makassar. Bedanya, kuah pallu basa ditambahi kelapa parut goreng atau serundeng. Kelezatannya pun sayang dilewatkan saat liburan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Salah satu rumah makan yang populer untuk menikmati makanan tersebut adalah Palbas Serigala. Lokasinya di Jl Serigala, Makassar. Menu palubasa di sini memang terkenal juara, sehingga warga lokal maupun turis seringkali memenuhi rumah makan ini.

Penulis pun menyempatkan mampir ke Palbas Serigala. Benar saja, rumah makan tersebut ramai pengunjung. Kursi bagian luar semua tampak penuh terisi.

Untung bagian dalam masih ada beberapa kursi kosong. Kami kemudian memesan seporsi pallu basa campur tanpa alas dan es teh. Campurannya adalah potongan daging, otak dan jeroan, sedangkan tanpa alas maksudnya tak pakai tambahan telur ayam kampung setengah matang.

Walaupun namanya Palbas Serigala, tentulah dagingnya tetap sapi bukan serigala. Nama Palbas Serigala bisa jadi dipilih karena memang letak rumah makan di Jl Serigala.

Nah, tanpa menunggu lama pesanan pun datang. Seporsi pallu basa disajikan dalam mangkok kecil dengan sepiring nasi. Di meja sudah tersedia potongan jeruk nipis untuk menambah kesegaran kuah dan sambal buat yang doyan pedas.

Palubasa Makassar terkenal akan kuahnya yang kental
Yang Khas Dari Palubasa adalah Kuahnya
Kuah palbas tanpa alas memang tak sekental yang pakai alas. Tapi ketika dicicipi, rasanya segar, dagingnya empuk pas dan serundeng di dalam kuah juga menambah kelezatan sajian Makassar ini. Diberi sambal pun makin mantap, tapi sebaiknya jangan terlalu banyak karena cukup 2 sendok saja sudah bikin berkeringat. Maknyus!

Buat yang ingin mencoba, silakan datang langsung ke Palbas Serigala sekitar pukul 08.00 WITA hingga jelang tengah malam. Seporsi pallu basa harganya Rp 14 ribu. Kalau sepaket dengan nasi, telur dan minuman sekitar Rp 28 ribu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar