Selasa, 31 Mei 2016

Berenang di Kolam Renang Buatan Sudah Biasa, Tapi Berenang di Kolam Alami Patut Dicoba

Kedung Tumpang di Tulungagung Jawa Timur
Kedung Tumpang Yang Mirip Kolam Alami Di Tulungagung
Tujuan Traveler - Pada tebing di tepian sebuah pantai di Tulungagung ada kolam renang alami yang begitu indah. Traveler pasti tergiur berenang di sana karena airnya pun jernih.

Jika teman-teman saat ini mengetik kata Kedung Tumpang pada mesin pencarian Google pasti sudah banyak sekali artikel yang membahas tentang lokasi wisata ini.

Apalagi jika dilihat pada Google Images begitu banyak foto-foto yang sangat mengiurkan. Kalau teman-teman bertanya, benarkan pantai ini sebagus dengan apa yang dilihat di postingan orang-orang? Jawabannya "Iya".

Sebenarnya tempat wisata ini sudah lama ada, namun belum begitu terkenal serta tidak ada pengelolaan oleh pihak manapun. Karena jika dilihat dari lokasinya, medan untuk menuju ke sana terbilang agak jauh dan sulit.

Jangan takut untuk masalah fasilitas, karena warga di sana benar-benar memanajemen tempat ini dengan baik. Mulai dari parkir, ojek, warung, kios, toilet sampai mereka membuatkan jalur yang cukup bagus untuk memudahkan wisatawan mengakses lokasi wisata.

Pantai Kedung Tumpang ini tepatnya berada di daerah Tulungagung, Jawa Timur. Tapi yang perlu diketahui lokasinya tidak dekat dengan pusat kota Tulungagung. Untuk mencapai daerah ini masih diperlukan waktu sekitar kurang lebih satu jam dari pusat kota Tulungagung sendiri.

Begitu sampai, warga akan mengarahkan untuk parkir di tempat yang mereka sediakan. Dan kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek.

Wajib coba naik ojek di sini, rasakan sensasi naik motor di jalan setapak yang kadang berbatu dengan tebing di samping motor kalian. Pastinya berasa naik roller coaster mini. Setelah sampai pun kita masih harus trekking untuk bisa melihat langsung kolam renang alami tersebut.

Tempat ini sebenarnya kurang layak disebut pantai. Karena air laut yang ada seperti tertampung pada cekungan yang berada di tebing-tebing tepi lautan, yang airnya berasal dari hempasan ombak laut lepas.

Yang unik dari tempat ini adalah bentuk dari cekungan-cekungan yang terisi oleh air laut tersebut. Kalian akan merasa seperti kolam renang yang ada di tepi lautan. Air lautnya terlihat jernih dengan warna kehijauan. Ingin rasanya loncat atau berendam di sana, airnya terlihat begitu segar.

Menurut informasi, di daerah ini terdapat beberapa lokasi cekungan yang bisa di lihat.

Sebenarnya sangat tidak disarankan untuk terjun ke kolam tanpa pengawasan. Jadi ketika traveler masuk ke kolam, ada pemandu yang akan bertugas untuk melihat keadaan ombak. Jika dirasa berbahaya, maka pemandu akan memberikan kode untuk segera naik.

Kedung Tumpang di Tulungagung Jawa Timur
Air di Kedung Tumpang Sangat Dingin
Secara keseluruhan tempat ini bisa menjadi referensi melepas penat yang cukup bagus.

Pemandangan lautan lepas yang indah membuat hati serasa lebih tenang. Bahkan kita bisa foto-foto cantik di sini. Walaupun aksesnya yang cukup jauh tapi untungnya warga di sana punya kesadaran untuk memanajemen tempat wisata ini menjadi lebih baik.

Tips
Jika ke sana gunakanlah pakaian yang nyaman, karena mungkin harus tracking. Serta gunakan alas kaki yang nyaman karena bebatuan yang cukup tajam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar